Apa itu Penyakit Anorexia Nervosa

Anorexia Nervosa Adalah

Anorexia Nervosa merupakan gangguan kesehatan atau gangguan psikis dimana penderitanya merasa dirinya terlalu gemuk dan terobsesi untuk memiliki tubuh kurus dan sangat takut jika tubuhnya menjadi gemuk. Saking takutnya menjadi gemuk sipenderita anoreksia akan mempertahankan berat tubuhnya jauh dari batas tubuh ideal. Pada tingkatan yang parah sipenderita akan menolak makan meskipun lapar dan akan membiarkan dirinya kelaparan.

Penyakit Anorexia Nervosa pada dasarnya tidak hanya mengenai makanan. Ini adalah cara hidup yang tidak sehat dan tidak wajar untuk mengatasi masalah emosional. Ketika penderita gangguan ini sering menyamakan kekurusan itu adalah sangat bernilai bagi tubuhnya.

Anorexia nervosa
akan sulit diperbaiki. Tetapi dengan pengobatan yang intensif, anda dapat meluruskan pemikiran ke yang lebih baik mengenai siapa diri anda, mengembalikan kebiasaan makan yang sehat dan menyembuhkan beberapa komplikasi serius anorexia.

Gejala atau Tanda Anorexia Nervosa

Beberapa dari mereka dengan anorexia nervosa hilang berat badan umumnya karena membatasi jumlah makanan yang mereka makan. Mereka juga mungkin mencoba menghilangkan berat badan dengan berolahraga secara berlebihan. Orang lain dengan anorexia menggunakan minuman keras dan obat pencahar, sama seperti bulimia. Mereka mengontrol kalori yang di dapat dengan memuntahkan setelah mereka makan atau dengan penyalahgunaan obat laxative, diuretic atau enema.

Tidak peduli bagaimana pengurangan berat badan dicapai, anorexia memiliki sejumlah tanda dan gejala fisik, emosional dan kebiasaan.

Mereka yang mengidap anoreksia dapat dikenali dari gejala berikut ini:
  1. Penurunan berat badan secara signifikan dan tampak sangat kurus.
  2. Selalu memerhatikan bentuk tubuh di depan cermin.
  3. Menimbang tubuh hampir tiap saat.
  4. Sering memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan.
  5. Suka berbohong jika ditanya apakah mereka sudah makan.
  6. Sangat memperhitungkan jumlah kalori, lemak, dan gula pada makanan.
  7. Sering berolahraga secara berlebihan.

Mengalami masalah kesehatan sebagai akibat dari anoreksia itu sendiri, misalnya kelelahan, dehidrasi, tekanan darah rendah, pusing, rambut rontok, dan kulit kering.
Suka minum obat-obatan pencahar dan penekan nafsu makan.

Penyebab Anoreksia Nervosa

Penyebab Anorexia Nervosa dari sebagian besar dokter mengatakan gangguan ini berasal dari gabungan beberapa faktor seperti psikologis, lingkungan, biologis dan genetika.

Diagnosis anoreksia nervosa

Untuk mendiagnosi para dokter akan bertanya mengenai berat badan dan pola makan untuk dapat menemtukan apakah orang tersebut menderita anoreksia atau tidak. Menjadi bagian penting untuk menjawab pertanyan tersebut dengan baik dan jujur. Dokter tidak bermaksud menghakimi pasien, tapi hanya ingin menentukan kondisinya secara tepat.

Dukung pengidap anoreksia

Jika pada saat ini Anda mempunyai keluarga atau sahabat atau anda mungkin yang mengalaminya, sebaiknya lakukan pendekatan secara baik dan halus untuk membujauknya agar dapat memeriksakan pada dokter, memang tidak mudah untuk membujuknya. Karena penderita Anorexia biasanya menganggap bahwa diri mereka telah melakukan hal yang benar dan akan menyembunyikan bahwa apa yang dia lakukan merupakan hal yang benar. Oleh karena itu kesabaran dan ketelatenan serta dukungan yang intensif berperan sangat penting bagi kesembuhan penderita anoreksia. Jangan beranggapan atau memberikan kritik pada mereka karena hal tersebut akan memperburuk situasi.

Sekilas mengenai pengobatan anoreksia

Sebagian besar kasus anoreksia ditangani dengan rawat jalan dan segelintir kasus lainnya, misalnya kasus pengidap anoreksia parah, ditangani dengan perawatan rumah sakit. Selain untuk menyadarkan pengidap bahwa pola hidup yang mereka jalani tersebut adalah salah, penanganan ini bertujuan agar mereka dapat memperoleh berat badan ideal kembali secara aman.

Hal-hal yang mencakup penanganan anoreksia meliputi terapi psikologi dan saran-saran yang berkaitan dengan makanan dan nutrisi. Agar pengobatan dapat dilakukan dengan tepat, dokter harus menyesuaikan dengan keadaan fisik, psikologi, dan juga keadaan sosial si pengidap anoreksia. Pengobatan anoreksia tidak dapat dilakukan secara instan. Untuk pulih sepenuhnya, bisa membutuhkan waktu beberapa tahun.
Komplikasi yang terjadi

Anoreksia bisa menimbulkan masalah-masalah kesehatan lainnya yang cukup serius jika tidak berhasil diobati dalam jangka waktu yang lama. Beberapa komplikasi anoreksia nervosa adalah:
  1. Denyut jantung tidak teratur
  2. Gagal jantung
  3. Menstruasi tidak lancar
  4. Anemia
  5. Gagal ginjal
  6. Kemandulan
  7. Osteoporosis
  8. Konstipasi
  9. Kematian akibat kurang gizi atau bunuh diri
Tidak ada jaminan cara untuk mencegah anorexia atau gangguan makan lain. Jika anda memiliki anggota keluarga atau teman dengan kepercayaan diri yang rendah, diet parah atau tidak puas terhadap penampilan, pertimbangkan untu berbicara padanya mengenai hal ini. Meskipun anda tidak memiliki kemampuan untuk mencegah gangguan makan terjadi, anda dapat berbicara mengenai gaya hidup yang lebih sehat.

1 Response to "Apa itu Penyakit Anorexia Nervosa"

Tinggalkan komentar