Ciri-ciri Penyakit Eating Disorders

Istilah dari Eating disorder saya rasa cukup asing di Indonesia, padahal penyakit/gejala/gangguaan ini tidak sedikit dialami oleh orang Indonesia juga.

Definisi Eating Disorders
Menurut Lisal, Johan S, 2008 eating disorders (gangguan makan) adalah suatu sindrom psikiatrik yang ditandai oleh pola makan yang menyimpang terkait dengan karakteristik psikologik yang berhubungan dengan makan, bentuk tubuh, dan berat badan.

Eating disorder adalah gangguan pada tingkah laku pola makan individu (http://indocina.org). Berdasarkan DSM IV ada tiga bentuk gangguan makan yaitu : anoreksia nervosa (AN), bulimia nervosa (BN), dan gangguan makan yang tidak tergolongkan.

 
Ciri-ciri Penyakit Eating Disorders
Ciri-ciri Penyakit Eating Disorders (theimpactnews.com)

Eating Disorders adalah penyakit yang melibatkan Emosional, Fisik, Psikis si penderitanya. Penderita dari penyakit ini pada umumnya adalah Perempuan tapi tidak menutup kemungkinan dari pihak Pria juga dapat mengalami penyakit atau gangguan Eating Disorders ini. Berikut adalah macam-macam eating disorder dan ciri-cirinya secara singkat :

Anorexia Nervosa

Seseorang yang menderita eating disorder tipe ini umungnya sering meras "kelaparan" yang sangat tapi tidak nafsu makan oleh karena itu penurunan berat badanya turun drastis. Elemen-elemen yang terlibat yaitu psikologi, sosiologi dan fisiologi.

Gejalanya :
  1. Hilangnya nafsu makan
  2. Sangat takut menjadi gemuk
  3. Selalu merasa gemuk meski tubuhnya terlihat kurus
  4. Sulit mempertahankan berat badan yang normal atau seimbang dengan tinggi badan ataupun kegiatannya
  5. Gejala menstruasi tidak teratur
  6. Meningkatnya rasio enzim hati ALT dan GGT
  7. Disfungsi hati akut (pada anorexia tingkat lanjut)
  8. Bulimia Nervosa
  9. Kelainan cara makan yang sangat ekstrim. Penderitanya akan memakan makanan pada porsi yang berlebihan kemudian memuntahkannya secara sengaja dengan beragam cara.
Gejalanya :
  1. Terbiasa memakan banyak makanan kemudian memuntahkannya secara terus menerus
  2. Tidak bisa mengontrol porsi makanan
  3. Banyak makan dengan waktu yang singkat
  4. Selalu memuntahkan makanan yang masuk dengan cara memasukkan jari ke tenggorokan, meminum obat laksatif, diuretic, ataupun pil diet
  5. Selalu merasa bersalah yang teramat sangat setelah makan banyak, kemudian akan menebusnya dengan olahraga berat atau berpuasa dalam jangka waktu lama

Binge (compulsive over eating)

Kelainan pola makan tipe ini ditandai oleh periode makan yang tidak terkontrol, impulsif, terus menerus melebihi tingkatan normal kenyang. Penderita binge tidak akan memuntahkan makanan dengan sengaja, tetapi mereka akan merasa malu, benci pada diri sendiri, cemas, depresi kerena telah makan berlebihan. Berat tubuh penderita binge bisa bervariasi dari normal hingga obesitas ringan, sedang, dan berat.

Gejalanya :
  1. Tidak mampu mengontrol makanan yang dikonsumsi
  2. Tidak memuntahkan makanan yang dimakan, tetapi sulit berhenti ketika makan
  3. Seringkali makan dalam porsi besar
  4. Menebus rasa bersalah setelah makan banyak dengan puasa sporadis dan diet berlebihan
  5. Semua jenis eating disorder tersebut sangat berbahaya. Jika dibiarkan maka dapat berujung pada kematian. Penderita eating disorder memerlukan bantuan ahli untuk menyembuhkannya.

1 Response to "Ciri-ciri Penyakit Eating Disorders"

  1. terimakasih untuk artikelnya, silahkan kunjungi website kami
    http://mitoha-goldengamat.com/

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar